Identifikasi Wajah Berdasarkan Ciri dan Database Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Label:

Pengenalan wajah manusia merupakan salah satu bidang penelitian yang penting. Penelitian tersebut telah banyak dilakukan dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. Dari sebuah wajah, banyak informasi yang didapat diantaranya berupa warna kulit, struktur tulang wajah, dan ekspresi wajah.

Secara awam, aspek yang cukup penting yang mendasari berbagai teori dalam AI adalah system pengenalan pola (Pattern Recognizing) yang merupakan bagian dari pengimplementasian Artificial Neural Network (ANN) atau Jaringan Syaraf Buatan secara praktis. Sistem pengenalan pola merupakan komponen penting dalam proses peniruan kemampuan inderawi manusia terutama penglihatan dan pendengaran. Sebagai contoh, untuk meniru indera penglihatan manusia, komputer harus mempunyai suatu mekanisme standar dan logis dalam mengenali pola yang ada pada suatu citra yang sedang diproses. Dari sinilah diperoleh motivasi untuk mencoba suatu konsep sederhana untuk mengenali pola dari suatu citra sehingga dapat diidentifikasi dengan baik oleh komputer. Permasalahan utama yang terjadi apabila hendak mengenali suatu pola tertentu dan mengumpankannya ke dalam suatu proses jaringan syaraf buatan adalah bagaimana proses akuisisi data dilakukan sehingga menghasilkan sejumlah data numerik yang representatif dan konsisten terhadap sampel yang diberikan. Dalam proyek akhir ini akan dibuat aplikasi untuk mengenali suatu citra sehingga dapat diidentifikasi dengan baik oleh komputer dengan memanfaatkan berbagai teori seperti Image Proccessing, Artificial Neural Networks. Citra yang akan diproses akan dibatasi pada citra wajah. Hal ini dapat diukur dengan melihat bahwa dengan menggunakan metode yang dimaksud, suatu jaringan syaraf buatan tertentu dapat ‘mempelajarinya’ serta mengenali pola-pola yang diberikan. Sehingga nantinya aplikasi proyek akhir ini dapat dimanfaatkan untuk absensi pada instansi pemerintah maupun swasta dengan menggunakan wajah.
8 komentar:

klo maksudnya berdasarkan ciri gimna?


@ricko

Maksudnya, setiap wajah ada jarak alis dan mata, panjang dan lebar hidung , lebar mulut, jarak antara hidung dan mulut dan lainnya yang memungkinkan bisa di jadikan ciri, serta nilai dari deteksi tepi dari masing2 tadi. semua diambil nilai binernya dan dimasukkan ke dalam database untuk data training JST Backpro...


iya...saya juga lagi mo skripsi pengenalan wajah dan pakai bakprop juga..klo cara nyari jarak2nya itu ada rumusnya ga?
blh tau rumusnya?


klw untuk mencari letak mata alis dan mata itu sementara ini pake trasholding, kemudian untuk mencari letak mulut itu pake edge detection.
Untuk ambil jaraknya pake rumus transformation projection.

salam kenal...
boleh tau Judul skripsinya? n kuliah di mana???
he...he...


pengenaln wajah dengan metode backprop menggunakan pengukuran fitur jarak..
salam kenal juga...
boleh ni qta saling share laporan...
pusink ni gw..hehehehe..


mnaknya klko backprop itu inputnya harus biner atau bipolar saja ya??
klo u ada ym or msn ga??
klo ada ad gw ya...
msn: ricko_86@hotmail.com
ym: ricko_kf
thq ya sebelumnya....
hehehehe...


Hehehe...
Ya boleh neh...
Saya dah ujian proposal... sekarang lagi buat programmingnya...
ym: syarif_123


kita juga punya nih artikel mengenai 'Backpropagation', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2963/1/Artikel_50403683.pdf

terima kasih
semoga bermanfaat


Post a Comment

About

My photo
Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Followers


Recents Post

Recents Comments